6 Software Merekam Aktifitas di Layar Komputer, Menjadi Video

Posted By Pakar teknologi on Thursday 2 April 2015 | 10:33:00


Panduan belajar komputer yang kali akan saya share yaitu cara merekam berbagai aktifitas yang terjadi di layar monitor komputer, sehingga nantinya akan berbentuk video. Hal ini dilakukan biasanya untuk membuat tutorial dalam bentuk video, karena kalau tutorial dibuat dalam bentuk teks saja, maka akan sulit untuk dipahami, selain juga cukup menjenuhkan.  Dan juga ada berbagai tujuan lainnya, dari kegiatan merekam aktifitas di komputer dalam bentuk video.

Kegiatan ini biasanya disebut dengan Screencast, yaitu kegiatan merekam / capture aktifitas di desktop komputer, untuk kemudian disimpan dalam bentuk file video, dengan format seperti MP4, FLV, 3GP, SWF dan yang lainnya. Berikut di bawah ini beberapa software yang dapat digunakan untuk merekam aktifitas di layar desktop komputer, dan kemudian disimpan dalam bentuk video.


1. Software Jing


Software Merekam Aktifitas di Layar Komputer
Software Jing untuk merekam di layar komouter

Teknik lama dalam mengambil gambar di desktop komputer menggunakan fitur PrintScreen tampaknya sudah sangat usang, dimana nantinya Kamu harus paste-kan dengan membuka program Paint Windows (biasanya), dan cara ini sangat merepotkan. Untuk itu ada software Jing yang dapat download gunakan secara gratis, yaitu Jing.


Software Jing ini merupakan sebuah produk gratis dari TechSmith yang dapat Kamu manfaatkan untuk mengambil gambar, dan juga merekam aktifitas di layar desktop komputer dalam bentuk video, hasil outputnya. Dengan beberapa klik sederhana saja Kamu sudah dapat membuat gambar atau video yang diambil / capture dari layar desktop komputer. Berikut beberapa fitur dari software Jing, di bawah ini poin-poinnya.
  1. Dapat mengambil / capture gambar di desktop secara mudah.
  2. Setelah capture gambar di layar desktop komputer, Kamu dapat mengeditnya dengan memasukan teks, mengatur crop, mengatur tingkat shape dan yang lainnya.
  3. Merekam pada layar desktop komputer, dalam bentuk video.
  4. Format hasil merekam video berbentuk format SWF.
  5. Fitur memasukan suara pada video yang dibuat dari merekam  layar desktop.
  6. Kamu dapat mengupload ke situs screencast.com.

Download Software Jing gratis disini.

2. Free Screen Video Recorder

Perangkat lunak ini dapat Kamu gunakan untuk capture atau menangkap gambar, menangkap audio, serta menangkap / merekam aktifitas yang ada di layar desktop PC yang nantinya hasilnya akan berbentuk video. Untuk mengambil gambar maka Kamu bisa mengambil bagian tertentu saja yang diinginkan di layar desktop. 

Untuk Kamu yang ingin membuat video pelatihan, tutorial, dan untuk tujuan lainnya, maka pada software “Free Screen Video Converter” ini Kamu bisa merekam aktifitas yang ada di layar desktop PC, hasil rekaman berupa video dengan ukuran yang telah dikompres, sehingga tidak terlalu besar ukuran file-nya. Berikut di bawah ini fitur-fiturnya secara lengkap.
  1. Merekam aktifitas di layar desktop, yang nantinya output berbentuk video dengan format AVI yang sudah dikompresi videonya.
  2. Dapat memilih area khusus atau tertentu saja untuk direkam.
  3. Kamu dapat mengatur (dalam merekam layar) untuk tingkat kompresi, frame, dan lainnya.
  4. Merekam audio / suara baik dari desktop, speaker, audio CD, mikrofon, .
  5. Menambahkan suara ke video yang direkam.
  6. Untuk merekam, ada fitur Play, stop ,dan jeda (pause).
  7. Fungsi auto pan.
  8. Capture gambar, dan mengatur kedalaman warnanya.

Jika Kamu ingin menggunakannya, maka download softwarenya disini

3. ActivePresenter

Salah satu aplikasi lainnya yang cukup bagus untuk melakukan screencast, serta yang dapat digunakan untuk merekam aktifitas di layar desktop komputer, dimana Kamu dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis dan legal yaitu software ActivePresenter. Ketika Kamu menjalankan software ini, akan ada menu utama seperti Open, New Capture, dan New Project.

Pada menu New Project terdapat beberapa pilihan yang akan muncul setelah Kamu klik, yaitu Full Motion Recording yang digunakan untuk membuat video yang merupakan rekaman dari aktifitas di desktop PC. Kemudian pilihan Smart Capture untuk capture / mengambil gambar pada layar desktop. Dimana Kamu bisa melakukan hal itu secara berkala.

Adapun fitur Smart Capture juga berguna untuk mengambil gambar. Tetapi tanpa FMR. Disana juga terdapat fitur frame yang dapat kamu gunakan.  Kemudian Dapat juga merekam dalam bentuk video segala kegiatan yang tampil di layar desktop PC.

Aplikasi ActivePresenter ini cukup cocok digunakan untuk mahasiswa praktisi IT, atau juga untuk Kamu yang ingin merekam dan membuat screenshot yang ada di layar komputer. Jika ingin menggunakan software ini, Download disini

4. CamStudio


Software Merekam Aktifitas di Layar Komputer
Untuk membuat suatu tutorial tertentu atau lainnya, yang mungkin nantinya akan Kamu upload ke Youtube atau untuk hal lainnya, maka untuk melakukan itu dapat menggunakan bantuan dari software desktop recording, software yang dapat Kamu andalkan dalam hal ini adalah CamStudio, yang sudah cukup terkenal di kalangan pengguna komputer di dunia.

Software ini dapat Kamu download secara gratis. Ketika menjalankan software ini maka yang akan Kamu lihat ada tombol-tombol,  seperti tombol yang digunakan untuk merekam, tombol untuk pause, serta tombol untuk berhenti dari kegiatan merekam.  Ketika Kamu mulai untuk merekam maka , minimize camstudio akan ada di sistem tray. Selama merekam pada layar desktop, Kamu juga dapat berhenti sejenak.

Tips dalam menggunakan software ini, apabila Kamu membuat rekaman yang nantinya tidak dilakukan proses mengedit, maka jika begitu Kamu bisa memilih bentuk rekaman yang lebih natural, yaitu dengan mengaktifkan menu Minimize ketika merekam.  Untuk berhenti merekam Kamu dapat melakukannya dengan tekan tombol F9 di keyboard.

Kemudian fitur lainnya, yaitu Kamu dapat memberikan Watermark pada video. Watermark merupakan sebuah penanda yang berbentuk logo, tulisan atau lainnya, dimana itu sebagai pemberitahu kepada orang lain bahwa video tersebut buatan Kamu.

Adapun untuk hasil output video, maka hanya tersedia dalam format AVI dan FLV saja. Download software CamStudio disini.

5. Ezvid

Software ini bukanlah hanya dapat digunakan sebagai Capture / rekam aktifitas di layar desktop saja, tetapi sangat lengkap dengan adanya fitur untuk melakukan edit video yang telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan software ini. Software ini juga memiliki fitur-fitur lainnya, dan ukuran file downloadnya cukup besar, yaitu hampir 100 MB.

Dengan menggunakan software Edviz ini Kamu dapat membuat sebuah video tutorial, terdapat juga fasilitas untuk melakukan impor gambar pada software ini, kemudian Kamu juga dapat memasukan tulisan / teks, warna dan lainnya pada video. Jika Kamu ingin menggunakan software Ezvid ini maka download disini.

6. HyperCam

HyperCam dapat Kamu gunakan untuk merekam segala aktifitas yang ada di layar komputer atau laptop, hasilnya berkualitas sangat baik. Software dapat Kamu andalkan untuk membuat suatu tutorial ataupun presentasi. Ketika sudah selesai merekam, maka untuk berhenti dapat dilakukan dengan menekan tombol stop saja.

Hal yang menarik pada software ini adalah dapat merekam pada game yang sedang Kamu mainkan, sehingga nantinya Kamu dapat memperlihatkan kepada teman-teman rekaman game yang Kamu mainkan, atau juga dapat menguploadnya ke situs Youtube. Fitur lainnya yaitu Kamu dapat memberikan watermark pada video yang dibuat. Untuk Kamu yang ingin mendownload software HiperCam ini, klik disini.

Demikian saja telah dijelaskan 6 buah software untuk merekam segala aktifitas yang dilakukan di komputer, termasuk dari software-software tersebut, ada yang dapat digunakan untuk merekam game yang sedang Kamu mainkan.

Semoga bermanfaat.
Blog, Updated at: 10:33:00
Comments
3 Comments

3 komentar:

Pakar teknologi said...

sip gan

Unknown said...

gan yang bisa buat windows 8.1 yang mana?

Anonymous said...

Bisa semua gan.

HUBUNGI KAMI DI WHATSAPP: 081311213879


Powered by Blogger.

"MUTIARA PRIVAT"

Menyediakan guru les privat untuk TK, SD, SMP, SMA, SMK, Perguruan Tinggi & Umum lengkap untuk semua mata pelajaran (tinggal pilih). Guru les privat datang ke rumah di seluruh wilayah JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG dan BEKASI. Untuk Informasi dan Pendaftaran silahkan Call/SMS: 081311213879 (Simpati)

Support