Perpustakaan adalah salah satu media atau sumber informasi yang memiliki fungsi utama yaitu menghimpun dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat atau pemakainya. Oleh sebab itu, perpustakaan dituntut agar tetap bisa menyiapkan bahan (data) yang terbaru, tepat, aktual dan terpercaya. Namun di jaman yang sudah semakin maju ini kita akan ketinggalan jika tidak mempunyai jaringan internet, karena di dalam internet semua orang bisa mengakses berbagai informasi seperti artikel, berita, buku, dan lain sebagainya. Menurut penulis membaca, buku dan internet sangat erat kaitannya. Membaca adalah kuncinya, buku adalah jendela dunia, sedangkan internet adalah jendela informasi dunia yang sedang tren saat ini.
Disini saya akan mengupas tuntas isi buku yang
ada di Taman Bacaan Ar-Rahmah Rempoa, yaitu tentang “Media Pembelajaran Aktif”.
Buku yang ditulis oleh Utomo Dananjaya ini sangat memberikan inspirasi kepada saya dan para guru lainnya, karena di dalamnya membahas tentang berbagai hal mengenai system pengajaran.
Buku ini terdiri dari 3 bagian, masing-masing bagian mempunyai bab tersendiri. Namun
saya hanya akan mengutarakan bagian terpentingnya saja. Dan dimulai dari membahas
pengertian belajar aktif terlebih dahulu. Belajar aktif adalah proses
pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya atau pengajaran
yang memberikan peluang kepada peserta didik untuk aktif membangun sendiri
konsep dan makna melalui berbagai kegiatan.
Makna pembelajaran bagi siswa: Peserta didik
memproduksi sendiri secara lebih luas, lebih dalam, dan lebih maju degan
modifikasi pemahaman terhadap konsep awal pengetahuan (prior knowledge).
Makna pembelajaran bagi pendidik: Pendidik
secara moral memandang peserta didik setara (demoktatis dan berkeadilan) dan
memperoleh kesempatan yang setara pula dalam memperoleh ganjaran, intelektual
dan sosial secara adil (tidak diskriminatif).
Beberapa kegiatan dasar yang dipakai oleh
peserta didik untuk belajar adalah Berbicara dan mendengar, menulis, dan membaca.
Namun di dalam buku ini tidak hanya itu saja yang dibahas, akan tetapi proses
pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi para siswa, seperti
model diskusi, model proyek, model permainan (games), dan ice breaker
(aktivitas-aktivitas pemanasan).
Artikel terkait: Guru Ngaji Privat-Bimbingan Belajar dan Mengaji Tangerang
Artikel terkait: Guru Ngaji Privat-Bimbingan Belajar dan Mengaji Tangerang
Apakah pengertian Diskusi?
Proses pembelajaran, dimana pelajar aktif
berbicara atau menulis, secara interaktif mengkomunikasikan buah pikiran kepada
pelajar lain; ia mengklarifikasi, mempertahankan, mengembangkan, dan
menjelaskan pikirannya.
Apakah pengertian Proyek?
Model pembelajaran proyek adalah melaksanakan
tugas melalui serangkaian aktivitas.
Apakah pengertian Games?
Permainan atau games adalah media pembelajaran
melibatkan siswa dalam proses pengalaman dan sekaligus menghayati tantangan,
mendapat inspirasi, terdorong untuk kreatif, dan berinteraksi dalam kegiatan
dengan sesame siswa dalam melakukan permainan ini.
Ice breaker: berikut ini adalah contoh aktivitas-aktivitas pemanasan,
seperti menebak tanggal lahir, sulap mata, symbol diri, modifikasi, dan
lain-lain.
Artikel terkait: Guru ngaji privat datang ke rumah daerah Jabodetabek
Buku Media Pembelajaran Aktif ini wajib dibaca oleh para pengambil kebijakan, guru, calon guru, dan mereka yang mengembangkan kurikulum pendidikan profesi guru.
Artikel terkait: Guru ngaji privat datang ke rumah daerah Jabodetabek
Buku Media Pembelajaran Aktif ini wajib dibaca oleh para pengambil kebijakan, guru, calon guru, dan mereka yang mengembangkan kurikulum pendidikan profesi guru.
Demikian artikel yang dapat saya ulas di pagi
hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.